KJRI HONG KONG MANA SUARAMU…..????

KEBIJAKAN BELUM PASTI ATAU SEKEDAR ALIBI.

Saya pribadi sejak terdapat berita menyebar mengenai penolakan MK tentang uji materi UU NO 39 TAHUN 2004 sudah menanyakan kejelasan berita tersebut namun tidak direspon.

Dan saya tidak mengapa mengingat bukan hak saya memaksa untuk meminta jawaban atas kebenaran berita tersebut karena berita tersebar dilaman Facebook oleh sumber yang mana tidak jelas.

Setelah tanggal 26 Maret 2017 KJRI – HK dengan BMI dan perwakilan dari organisasi yang ada di Hong Kong mengadakan dialog di ruang Ramayana Berdurasi sekitar 2 jam dan sempat menanyakan pula tentang pemberlakuan kembali kartu KTKLN tersebut.

Jawaban pun sudah didapat yaitu dengan lantang bapak Andry Indardy yang menjabat sebagai konsul keimigrasian memberikan solusi dan tidak membenarkan atas pemberlakuan kembali KTKLN bagi yang cuti.

Dan juga Pengumuman beruntun di media sosial Facebook bahwa jika masih dipertanyakan dibandara dan dipersulit maka jangan segan menghubungi nomor beliau.

Minggu tanggal 2 April 2017 saya dimana diundang oleh kawan – kawan wanodya untuk sharing masalah KTKLN ini. Dan disitu saya dimintai pendapat bagaimana dengan respon KJRI – HK tersebut yang menurut kawan-kawan sangat tidak effective mengingat banyak pertimbangan diantaranya ;

1. Apa mungkin nomor bapak andry stand by 24 jam….?

2. Bagaimana jika Ternyata urgent dan benar terjadi pencekalan…?

3. Keterbatasan pulsa dan internet diindonesia juga menjadi kendala….?

4. Adakah alternative nomor lain yang bisa dihubungi…..?

Tanggapan saya waktu itu kalau tidak salah adalah begini ;

Pertama bukan masalah nomor siapa yang stand by untuk dihubungi tetapi lebih pada bagaimana pemahaman kawan-kawan tentang KTKLN dan pemberlakuan serta fungsinya.

KTKLN adalah amanat dari undang – undang nomor 39 Tahun 2004 yang mana mewajibkan setiap dari WNI yang bekerja ke luar negeri wajib memiliki kartu tersebut.
Kemudian jika benar terjadi pencekalan oleh pihak bandara apa yang harus dilakukan ….?

– Jangan panik tenang dan tanyakan mengapa.

– Telepon majikan mengenai kondisimu bicara baik-baik jika terjadi kemungkinan terburuk.

– Minta surat pencekalan resmi dan minta dasar hukum nya.

– Tunjukan kelengkapan dokumen kita yaitu PASPOR,KONTRAK KERJA,VISA & HK ID jika diperlukan surat cuti.

Disitu sebagian saran yang saya berikan dan juga disaat kesempatan itu juga menawarkan nomor saya bisa dihubungi untuk itu.

BENARKAH SUDAH ADA KORBAN….?

Benar ada dan dia salah satu BMI HK yang saat itu tercancel penerbangan karena tidak memiliki KTKLN.

Ditahan di imigrasi dan kembali dengan kekecewaan. Mbak nya sudah diindonesia selama 1 tahun setengah dan ingin kembali bekerja ke hong kong dengan proses calling visa.

Petugas menyarankan mbak nya untuk membuat ID ONLINE dulu dan memberikan pula alamat nya diselebaran kertas.
Saat  itu saudaranya menghubungi saya bia inbok dan menanyakan apa benar memerlukan ID ONLINE….?

Sejak diberlakukan kode etik agency dari KJRI – HK  memang benar setiap AGENCY & PJTKI wajib membuatkan ID ONLINE bagi calon pekerja yang baru datang dari Indonesia.

Disitu saya merujuk meminta yang bersangkutan untuk hubungi saya sendiri dan sempat saya tanyakan pihak imigrasi menunjukan apa…. Dimana peraturan nya…..?

Mbak nya mungkin karena panik harapan tak sesuai dan antara takut tidak bisa terbang,mbak nya pun sempat adu argument bahwa salah satu dari teman nya juga tidak memerlukan kartu tersebut.

Sesampainya dirumah mbak nya saya jelaskan bahwa itu merupakan kewajiban agen untuk mengupdate data mbak secara online di BNP2TKI didaftar SISKOKTLN jadi silahkan mbak hubungi pihak agen yang bertanggung jawab atas ini.

Besoknya mbak nya terbang dari juanda tanpa ada pertanyaan kembali tentang KTKLN atau ID ONLINE.

BELUM USAI ISUE TERSEBUT JUSTRU SEMAKIN MELEBAR DAN HEBOH MENUAI KERESAHAN DAN BEDA PENDAPAT.

Ramainya pemberitaan kartu tersebut semakin santer setelah diblow up dimana-mana dan seluruh jagad Facebook.
Banyak sekali berita dan juga update informasi tentang keberadaan dan juga kegunaan kartu tersebut,bahkan sampai detik ini pihak KJRI – HK tidak ada klarifikasi bahkan terkesan ” SEPI & ADEM “.

Diantaranya berita tersebar tentang mengharuskan bagi BMI yang cuti untuk mencoba datang ke kantor BNP2TKI terdekat yaitu kabupaten atau propinsi didaerah masing – masing guna mengupdate data mereka dengan menunjukan nomor paspor,omor visa untuk dimasukan kedalam sistim.
Dan info tersebut bersumber mengatasnamakan konsul Naker ibu Iroh Baroroh. Setiap updatean dipertanyakan sumber dari mana jawaban mereka cukup simple ” DARI KONSUL KJRI BU IROH “.

KEDUA SUMBER BERITA DAN INSTRUKSI KONSUL MENUAI KERESAHAN.

Bagaimana tidak…..? Disaat semula sudah rada adem memanas kembali dengan isu terbaru yang bersumber dari konsul KJRI – HK dimana sebagai panutan dan juga layaknya orang tua bagi seluruh BMI.

Semakin memanas dan semakin meluas laksana wabah penyakit akut yang menular tanpa henti. Dan saya pun sama tetap meminta kejelasan berita tersebut dan sama hanya sebuah tanggapan dingin dan tidak ada respon dari beliau.

KLARIFIKASI TENTANG BERITA KTKLN DARI BNP2TKI.

Setelah pun mendapat respon dari bapak Nusron Wahid selaku ketua BNP2TKI pun masih menuai pro dan kontra serta masih belum membuat jagad perfacebookan damai.
Justru tetap menuai pro dan kontra bahkan ada sebagian kelompok menyatakan ketidak terima an nya atas pernyataan berita HOAX menurut bapak nusron.

Ada juga dengan jejaring Facebook nya menyatakan bahwa keingintahuan kejelasan mengenai klarifikasi bapak nusron bagaimana prosedur tentang pengaktivean sistim tersebut,ahkan dia menyatakan pula seorang yang selalu patuh pada kebijakan pemerintah.

BELUM USAI SAMPAI DETIK INI.

Berbagai artikel berbagai info yang kita gali bahkan seluruh Facebook pun berduka dengan keresahan dikalangan BMI  mengenai simpang siur yang tidak akan terjawab karena pihak KJRI HK tidak memberikan Pengumuman Resmi terkait masalah ini, disitu didalam situs media online ibu iroh buroroh membuat klarifikasi tentang akun Facebook beliau dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ditengah menunggu tanpa kepastian,pertanyaan yang tetap tidak bisa dibendung sungguh terlalu jika tetap tidak ada respon dari pihak terkait mengenai kebenaran sumber berita serta sistim tersebut.

Sayang sekali ……

Mengapa disaat tulisan di blog saya mengenai buruknya pelayanan KJRI HK yang terjadi pada 16 Desember 2016 sempat mencuat kepermukaan bahkan mengatasnamakan akun Facebook saya sebagai sumber info yang seolah saya mengada-ada 

PIHAK KJRI HK BEGITU FAST RESPON,BAHKAN MENCATATKAN NAMA SAYA DIAKUN RESMI KJRI HK LALU BAGAIMANA DENGAN BERITA YANG MENGATASNAMAKAN SALAH SATU KONSUL KJRI JUSTRU DIAM DAN TIDAK BERKUTIK.

Mengapa menanggapi isu  dari tulisan seorang BMI yang memang benar fakta terjadi justru membooming dan membuat gerah KJRI HK…….?

Lalu mengapa tidak sesegera mungkin mengkoordinasikan isue peraturan yang tidak berujung tetap diam dan jalan ditempat.

Sekarang mungkin bapak dan ibu tahu rasanya bagaimana saat itu saya bagaikan menelan duri yang masih ditenggorokan,disaat nama kita disalahgunakan untuk suatu kepentingan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sakit kan…….😊😊

UNTUK BMI HK YANG MAU CUTI

Jangan panik dahulu silahkan bekali diri dengan info yang akurat dan buktikan lah kebenaran atas berita tersebut.

Contrinx’s Thox

+852 98506454

+852 95182564

****** TETAP MENUNTUT DAN MENUNGGU KLARIFIKASI KJRI HK SECARA PUBLIK MENGINGAT SEMUA INI MENYANGKUT PERATURAN UNTUK PUBLIK ******

SURAT TERBUKA PUN SUDAH  DILAYANGKAN 

Tujuan surat saya kepada KJRI – HK sudah dua kali namun jujur sejauh ini pin tetap belum ada tanggapan,justru kemaren ada sebuah pesan agar tidak perlu menghebohkan mengingat akan ada Klarifikasi dari pihak KJRI mjngkin minggu depan atau bulan depan.

pesan singkat ini mengatasnamakan permintaan KJRI -HK

Begitu jiga dengan Permohonan maaf atas KJRI hong kong karena belum bisa memberikan kejelasan terkait berita tersebut dengan memberikan keterangan belum koordinasi dengan pusat.

Apapun itu KJRI HONG KONG selaku instansi pemerintah di luar negeri harusnya lebih peka menanggapi hal ini,mengingat menyangkut keterbukaan informasi publik yang mana sesuatu yang dikonsumsi publik harus dipublikasikan.

BNP2TKI sendiri sudah mengkarifikasikan serta mengeluarkan pula surat resmi yang menyatakan bahwa tidak diberlakukan pencatatan di BNP2TKI karena sudah otomatis tercatat pada sistim.


Kapan giliran KJRI bersuara…..?????


– Kejelasan atas pendataan tersebut dimulai sejak kapan….?

– Sistim tersebut dilakukan oleh siapa…..?

– Bagaimana yang ternyata ijin tinggal lebih pendek dari masa paspor….?

– Bagaimana update ulang setelah extension of stay dimana paspor leih dulu expired.

Siapa yang mengatasnamakan Bu Irooh Buroroh dalam memberikan informasi terkait KTKLN 

Karena mengingat masa aktive SISCOKTLN adalah mengikuti ijin tinggal dan kontrak kerja,dan mereka yang tidak cukup 2 tahun maka otomatis skan expired 1 bulan lebih awal dari masa paspor.

Surat dari bapak Nusron Wahid sebentuk Klarifikasi dan juga acuan untuk pemeriksaan di bandara 😊😊 apakah KJRI – HK belum menerimanya ya ….

Contrinx’s

+852 98506454

+852 95182564


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s