DIALOG KJRI – HK VS BMI

DIALOG BMI DENGAN KJRI – HK.

Dalam kesempatan itu memang saya pribadi tidak berada dalam ruangan tersebut. Dan bukan tidak pernah pula saya duduk bareng berdialog dengan para pelayan publik tersebut.

Pernah ikut merasakan nya pada tanggal 26 Juni Tahun lalu yang sempat pada bulan mei awal atau april akhir saya diremove dari pertemanan Facebook saya hingga terjadi SPAM berjamaah akun saya sempat hilang.

Sejarah itu mengajarkan kepada saya untuk mengingatnya,dan mengapa ingatan itu layaknya trauma. Saat itu dialog berlangsung mengenai koreksi data yang mana masih panas – panasnya.

Kemudian disusul oleh kehadiran bapak menteri dan ibu,dan dialog yang berikutnya juga sudah ada,kembali digelar lagi dialog pada tanggal 7 July masih sama sosialisasi tentang DATA GANDA.

ATASNAMA MEWAKILI & DEMI PERBAIKAN.

Dengan semboyan diatas mencoba mengarah pada pendekatan diplomasi antar pelayan massa. Yang satu sisi valunter yang satu sisi petugas negara.

Baik memang cara itu,untuk mendidik kita agar lebih etis dalam bersuara atau menyuarakan isi dari ide kita. Seperti layaknya kita meminta uang jajan kepada ibu kita.

Tuntutan demi tuntutan,dari asuransi,KTKLN sampai kontrak mandiri. Perjuangan itu masih panjang dan tidak akan pernah berujung,yang ada hanya mrminimalisir kemungkinan terburuk. Mengingat tidak mungkin menghentikan arus migrasi.

Dalam setiap dialog selalu dihadiri oleh teman – teman perwakilan dari organisasi,yang menjadi pilar utama mungkin bagi kawan – kawan awam lain nya,yang tiada lain ialah menyuarakan hak kita untuk perbaikan,serta selalu turun ke jalan untuk menyuarakan tuntutan.

Tuntutan tinggal tuntutan……!!!

DIALOG TANGGAL 26 MARET 2017

Acara semi formal yang diselenggarakan oleh KJRI – HK  guna menyatukan pendapat dan mencari solusi serta membahas isue terkait pelayanan dan perlindungan oleh negara terhadap WNI diluar negeri termasuk BMI.

BAHASAN YANG DIBAHAS MENGENAI BANYAK HAL DARI KESELURUHAN KOSULER PUN IKUT HADIR DAN MENJAWAB PERTANYAAN  KECUALI BEA CUKAI & KEPOLISIAN.

Opini saya :

Sejauh ini dialog ini berfungsi untuk memfasilitasi masa untuk bersuara atau hanya untuk meredam masa dari tuntutan mereka yang masih termasuk dalam wish list karena saya yakin masih banyak teman – teman diluar sana tidak faham dengan apa yang terjadi dalam gedung tersebut.

Bahkan ada yang masih bertanya KJRI -HK itu dimana…?

APA YANG DIDAPAT DALAM DIALOG 

Belajar dari yang terdahulu,yang ada justru berupa ajang curhat kedua sisi tetapi lebih banyak dari sisi KJRI HK karena selain tuntutan pekerjaan juga tuntutan massa diluar sana yang terkadang membuat darah rendah pun menjadi tinggi.

Dalam setiap dialog selalu bersifat pasif,pertanyaan seputar itu -itu saja,dan juga dengan orang yang sama pula namun apakah terjawab dan ada solusi…? Itu yang perlu dipertanyakan.

Kemudian bagaimana dengan pertanyaan – pertanyaan yang belum terjawab….? Apakah akan ditampung,diolah menjadi PE – ER…..?

Hasil dialog dibawa kemana… Akan kah dirangkum menjadi sebuah notulensi dan disambungkan kepada pemerintah pusat sebagai bahan pertimbangan…?

Lalu untuk apa undangan itu disuguhkan…?jika progres kesana tidak jelas .

Dialog akan hanya menjadi sebuah pertemuan rutin,layaknya reunian dengan sang mantan dimana harapan itu hanya bayangan.

Saran ;

– Berikan materi Pembahasan dalam dialog paling tidak 2 minggu sebelum nya.

–  Berikan kesempatan jumlah pertanyaan tertulis oleh setiap perwakilan.

– Kumpulkan sheet pertanyaan tersebut kepada mediator diawal acara /sebelum acara dimulai.

– Sortir pertanyaan untuk menjawab pertanyaan secara majemuk untuk menghindari persamaan jawaban meski berbeda versi kalimat tanya.

– Catat jawaban dari pertanyaan tersebut menjadi materi pertimbangan.

– Berikan waktu juga buat yang lain untuk bertanya spontan seputar Pembahasan yang dibicarakan.

– Follow up lanjutan hasil dari dialog tersebut di share dipublik page resmi KJRI HK jika memang untuk kepentingan publik.

Mungkin ini uneg – uneg sedikit dari saya yang mewakili pertanyaan saya dalam benak saya pribadi selama ini,karena belajar dari yang sebelum nya.

Sungguh sudah merupakan kemajuan yang lebih baik dari terdahulu pula cara diplomatis ini dan keterbukaan informasi serta pelayanan dari pihak KJRI HK sendiri.

Pertahankan pelayanan nya dan tetap lah melayani dan mengayomi karena itu sudah tugas dan kewajiban selain profesi juga merupakan tuntunan nurani.

Untuk kedepan nya semoga saja dialog nya menjadi lebih baik,lebih terarah dan lebih terbuka kembali karena masih banyak BMI diluar sana tidak menjangkau kalian.

BUAT BMI KHUSUSNYA ;

– Rajinlah mengupdate ingo terkini disela keterbatasan waktu kita.

– Menjadikan informasi sebagai sebuah kebutuhan untuk pelajaran perbaikan diri.

– Motivasi lah diri untuk lebih alert dalam melindungi diri dari hak & kewajiban sebagai BMI menyangkut dokumen pribadi.

BUAT ORGANISASI PROGRESIVE & PEJUANG MASSA ATAU VALUNTER ;

– Jangan lah lelah menjadi wadah untuk teman – teman BMI 

– Didiklah massa agar bisa lebih faham akan hukum,undang – undang di hong kong mengenai ketenaga kerjaan.

– Tetaplah kritis dan kawal apapun perbaikan dari pelayanan dari pemerintah kedua sisi.

Untuk semuanya bekerja sama lah untuk kepentingan perbaikan. Disaat undangan sudah dilayangkan artinya jembatan menuju kearah perbaikan sudah terbuka,tinggal bagaimana anda memanfaatkan nya.

Contrinx’s

+852 98506454
+852 95182564

CONTOH : 

SISTIM ONLINE KJRI – HK.

Adalah sumber utama terjadinya masalah yang berkembang dari undang- undang No 39 Tahun 2004. 

Mengapa….?

Undang – undang Nomor 39 Tahun 2004 disyahkan untuk mengatur dan juga mengawasi kinerja PJTKI yang mengirim serta mencetak BMI menjadi bahan komoditi sekaligus aset secara halus.

Namun disisi lain sebentuk apresiasi dari pemerintah pusat yang selalu menerima kecaman akan protest yang terjadi kepada WNI di luar negeri berstatus PEKERJA MIGRAN.

Melalui tangan PJTKI,BNP2TKI & DISNAKER  maka akan menjadi sebuah kerja sama kekompakan untuk sebuah proses pendataan,pengawasan dan perlindungan satu paket oleh MENAKER.

Pada prakteknya masih begitu susah untuk menemui jalur kesatuan. Mengingat tidak perbah dilibatkan nya suara BMI itu sendiri menjadi pertimbangan pasal dalam undang – undang nya.

LAIN DI HONG KONG,LAIN PULA DI SINGAPURA & INDONESIA.

Hong Kong terdapat SE2425 yang diproduksi oleh KJRI – HK oleh konjen terdahulu yang mana terdapat isinya mengenai sistim pelarangan pindah agen selama 24 bulan pertama dan harus tercatat FINISH KONTRAK.
Dimana layaknya pengikatan atas BMI terhadap satu agency / pun satu penyalur jasa yaitu PPTKIS yang mempunyai partner kerja dengan agen tersebut.

SINGAPURA 

Pada tanggal 1 January 2015 sudah diterapkan pula sistim online dari KBRI dan penetapan tidak boleh mengurus kontrak tanpa agency bagi yang berpindah majikan.
Artinya kontrak mandiri yang dulu boleh diperpanjang tanpa agency dan majikan boleh melakukan sendiri sekarang tidak diberlakukan lagi.

Sepertinya berlaku pula untuk Malaysia,namun untuk Singapura sejauh ini saya belum upgrade kembali apakah benar juga tidak bisa lagi DIRECT HIRE mengingat pada tahun 2015 menteri hanif dzakiri pernah meminta dihapuskan Direct Hiring di Singapura dengan dalih perlindungan.

EFECT DARI SISTIM ONLINE.

Hong Kong berakibat pada kurang objective nya pihak KJRI – HK disaat memberikan legalisasi atau approval kontrak kerja yang disetujui oleh majikan dan pekerja diproses melalui agency.

Karena pengajuan permohonan perpanjang kontrak kerja tersebut bersifat kolektive pastinya.

Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa ada nama majikan yang mungkin mereka tidak layak untuk mempekerjakan pekerja atau sering mem PHK pekerja dengan alasan yang kurang jelas masih bisa terloloskan dari kacamata KJRI – HK.

AGENCY 

Memberikan kekuatan power lebih terhadap agency atas dasar penguncian data atau sering disebut dengan

 ” PASPOR DIKUNCI ” dimana sudah jelas bisa mengakibatkan sebuah perbudakan hutang potong berlebih pastinya.

BMI SEBAGAI KORBAN

BMI berada pada ujung tanduk mengingat tidak mempunyai pilihan lain selain menggunakan jasa agen tersebut selama sebelum terputus atau hanisnya masa online.

Potongan bertambah jika terjadi pemutusan kontrak sepihak baik oleh pekerja ataupun majikan jika menginginkan proses ulang.
ARTINYA ;

GEMBOK YANG PUNYA PJTKI & AGENCY,KJRI – HK PEMEGANG KUNCI NYA……?

JADI YANG BISA BUKA OTOMATIS KJRI – HK ….. DAN KUNCI ITU HAHYA SATU CABUT SE2425 ATAU REVISI ISINYA.

DIALOG UNTUK APA….?

Dialog rutin antara  KJRI & BMI serta perwakilan dari teman organisasi adalah cara yang mungkin bisa dibilang diplomatis untuk kita dan pembelajarab yang bisa saya pandang kemajuan.
Tetapi otak saya berputar kembali dan bertanya :

Kritik ;

  Apa fungsi dialog ini untuk menampung aspirasi teman – teman semua agar bisa menjadi bagian pertimbangan perbaikan untuk pemerintah pusat atau kah atau sekedar cara untuk menghentikan  tuntutan dilapangan yang berdiri berteriak didepan gedung karena merusak pemandangan….??? 

Entah lah…..

Yang pasti masih belum jelas letaknya dimana untuk berpijak. 

Saran ;

Harusnya dialog itu mampu membawa isue-isue baru menampung semua masukan dan juga pemikiran kawan – kawan agar bisa menjadi bagian pertimbangan kedepan dipemerintah pusat.

Dan dialog pun harusnya diatur,bahan yang akan dibicarakan apa ,undangan berapa,pertanyaan berapa,oleh siapa,ditujukan kepada siapa…..!!!!

Ini di beritahukan 2 minggu lebih awal kepada seluruh peserta dialog.

Pertanyaan dikumpulkan pada mediator,disortir dan dipersilahkan menjawab nya,question sheet masing – masing group juga harus ada.
Untuk menyingkat waktu dan menanggunlangi pertanyaan yang memerlukan satu jawaban yang sama agar tidak terulang dan mengulang nya.

Sehingga ada waktu pula bagi yang lain untuk bertanya spontanitas saat itu juga bukan sekedar perwakilan dari sebuah komunitas atau organisasi saja.

Semoga kedepan nya KJRI HK bisa lebih mengerti dan memberikan fasilitas dialog nya bisa lebih hidup lagi,bukan hanya sekedar untuk ajang selfi.
Terima kasih

Contrinx’s Thox

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s