PERATURAN RENEW CONTRACT DENGAN MAJIKAN YANG SAMA ATAU MAJIKAN BARU.

under existing policy an FDH permitted to renew his/ her contract / change employerin hong kong is required to return to his/ her placeof origin for leave before the commencement of the new contract, re – entry to Hong Kong is by wayof an entry visagranted to enable FDH commence his/her contract. Upon application for an extension of stay, the Directormay grant an extension ( normally not more than one year ) to FDH whereuponany deffered leave is to be taken within the extension periode……”

Sesuai dengan berlaku nya peraturan keimigrasian hong kong bahwa setiap dari kita pekerja asing swvelum memasuki pada kontrak yang baru seharusnya mengambil libur tahunan untuk pulang ke negeri asal terdahulu sebelum memulai kontrak baru.

Dan itu pun didukung dengan kontrak kita pada clause 13 dimana kedua pihak harus menyetujui perbaruan kontrak kerja antara pekerja dan majikan dengan biaya serta tentang gaji dari masa libur/cuty sebelum kontrak baru dimulai atau sebelum visa kerja terapproved.

Sesuai dengan yg saya garis kotak biru disitu dijelaskan bahwa jika kondisi finish kontrak baik melanjutkan dengan satu majikan yg sama atau pun berganti majikan diharuskan pulang ke negeri asal sebelum visa kerja teraaproved,namun juga tidak melarang bagi DH ( PEKERJA ) untuk menunggu masa kontrak baru nya di Hong Kong. Dengan sesuai dari Director imigrasi akan diberikan ijin tinggal hanya tidak kuran atau lebih dari 1 tahun saja,kemudian diwajibkan untuk exit dari Hong Kong guna perpanjangan ijin tinggal sampsi 2 tahun.

👉 TWO WEEKS RULE BAGI DOMESTIC HELPER.

Dimana ijin tinggal 14 hari yg diberikan kepada setiap Domestic Helper untuk menjadi batas tenggang setelah kontrak berakhir. Kontrak berakhir berlaku bagi yg finish kontrak maupun yg twrputus kontrak ( terminated ).

Dalam masa 14 hari kita harus segera menemukan majikan baru untuk proses aplikasi visa kerja yg baru,bagi yg finish kontrak perpindahan majikan silahkan menunggu sampai ijin tinggal baru terapprove.

Namun bagi yg putus kontrak ( Terminated ) Silahkan menunggu diluar Hong Kong. Dan seharusnya pulang ke negeri asal setela extension of stay 14 hari otomatis tambahan dari tanggal pemutusan kontrakmu.

👉 PEMUTUSAN KONTRAK KERJA SEPIHAK.

Sesuai clause 10 pada konteak hijau salah satu pihak baik majikan maupun pekerja diperbolehkan memutus kontrak awal ( kurang dati 2 tahun ) dengan dua cara. 

1. Langsung tanpa pemberitahuan.

2. Tidak langsung atau dengan ONE MONTH NOTICE.

👉 PERATURAN TERKAIT PEMUTUSAN KONTRAK KERJA SEPIHAK.

● HARUS MEMBERIKAN/MELAMPIRKAN SURAT PEMUTUSAN KONTRAK KERJA YG DISETUJUI KEDUA PIHAK PADA IMIGRASI SESUAI DENGAN KONTRAK KERJA CLAUSE 12,SEBAGAI PEMBERITAHUAN UNTUK PEMUTUSAN IJIN TINGGAL.

● MEMBERIKAN ALASAN YANG JELAS SERTA DETAIL MENGAPA TERJADI PEMUTUSAN KONTRAK KERJA SEPIHAK.

👉 TERMINATED CONTRACT & JOB HOPPING.

Sejak tanggal 25 September 2013 imigrasi Hong Kong mempending aplikasi visa kerja untuk Domestic Helper sebanyak 1300 pemohon,dikarenakan diduga melakukan JOB HOPPING dimana mereka terkesan sering berganti majikan untuk kepentingan pesangon.

Dimana pada kurun waktu kurang dari 2 tahun atau 12 bulan BMI melakukan pemutusan kontrak atau diputus kontrak lebih dari 2 kali maka untuk aplikasi berikutnya akan dipersulit.

Contoh surat penolakan aplikasi visa baru….


SURAT PENOLAKAN APLIKASI VISA KERJA.

P ending visa karena pemutusan kontrak kerja premature yg dimana terlalu dini oleh salah satu pihak baik majikan maupun pekerja.

Namun faktanya dilapangan justru terfokus pada Pekerja. Dan itu dimana sesuai dengan peraturan baru dari pihak imigrasi hong kong tentang perpindahan kerja dan pemutusan kontrak dimana dari pihak BMI yang dalam kurun waktu 12 bulan memutus kontrak lebih dari 2 kali maka kemungkinan besar apkikasi visa kerja yg baru tidak terloloskan dengan mudah.

Sehingga tak jarang pula BMI yang minim informasi serta tidak faham bahasa inggris kerap menjadi korban permainan agency yang mana berperan pula dalam siklus tersebut. 

Tak sedikit dari agency yg sering menelpon majikan menanyakan tentang pekerjanya bagaimana,basa – basi dg kabarnya,,,, dan bisa juga diending nya mempengaruhi majikan untuk memutus kontrak nya.
BMI BARU PASTI JADI KORBAN.

Seperti kasus ini …👇👇👇👇

” [12/29, 00:26] Contrinx city: saya sekarang ada di macau sedang menunggu visa

[12/29, 00:26] Contrinx city: setelah 3 bln..visa saya ga bisa turun.saya di backlist oleh imigrasi.

[12/29, 00:26] Contrinx city: saya di mjkn yg kmrn ini bekerka dua bln lbh 9 hari.saya tidak prnh melakukan kesalahan yg berat.tp kok bisa di backlist

[12/29, 00:26] Contrinx city: dulu seblm mengambil saya..majikan menelpon saya secara langsung.pengalaman kerja saya brapa lm di hongkong.saya mnjawab.ada beberapa yg saya tidak ingat.karena saya pernh interminit.mjkn memaklumi dan mau mengambil saya.

[12/29, 00:26] Contrinx city: terus selama bekerja..saya kerja dua rumah.

[12/29, 00:26] Contrinx city: kebetulan saya bekerja serumah ada 2 pembantu.

[12/29, 00:26] Contrinx city: saat itu pembantu yg satunya berkeinginan untuk breack kontrak.

[12/29, 00:26] Contrinx city: dan mulai saat itu majikan tanpa bukti menuduh saya yg mengajari.pdhl dia sendiri seblm kedatangan sy.3 kali sudh berkeinginan break kontrak sendiri.

[12/29, 00:26] Contrinx city: setelah itu majikan hampir tiap hari memarahi saya.menyuruh sy bekerja dua kali lipat dr biasanya.kadang sampek jam 2 pagi

[12/29, 00:26] Contrinx city: suatu hari…mjkn saya merekam saya…menanyakan pengalaman kerja saya lagi.kalo saya tidak menjawab pertanyaannya dia akn lapor imigrasi.

[12/29, 00:26] Contrinx city: setelah itu beberapa hari kemudian..dgn mendadak majikan memulangkan ke agen.sesampai di agen  majikan menunjukkan rekaman saya.dan tanpa sepengetahuan saya mjkn tlh mencuri dokumen saya yaitu kontrak kerja saya yg lama untuk dipoto.

[12/29, 00:26] Contrinx city: dokumen tersebut sampai sekarang hilang.tp mjkn mempunyai potonya di hp

[12/29, 00:26] Contrinx city: di depan agen,majikan memaksa saya untuk menandatangani bahwa saya break kontrak.apabila saya menuntut,dia akan melaporkan ke imigrasi ”

Dan sebenarnya imigrasi sudah mengirim surat terpisah untuk yang bersabgkutan melalui agency,namun kadang agency tidak mau ribet,dan tidak mau memberikan surat tersebut sehingga dalam waktu yg ditentukan imigrasi tidak menuai jawaban.

Surat Terpisah Untuk DOMESTIC HELPER.

” Please provide your answer in cronological ….

Please be reminded that if any amendmentsvwas made or any supplementary document was provided on such documents are required.

Dan yang saya garis biru disitu artinya harus menjawab berururan dan detail kejadian nya antara pemutusan kontrak mu,sejak awal kamu bekerja di hong kong atau bahkan dg dokumen mu,artinya usia harus kamu sesuaikan dg tahun pendidikan mu….

Dan peringatan keras bahwa setiap terjadi pemutusan kontrak Domestic Helper harus menunggu proses dinegeri asal,dan kembali proses laksana awal bekerja ke Hong Kong.

Sesuai chapter 22 pada prosedur aplikasi bekerja diluar negeri,dan mengirimkan aplikasi serta curiculum veaty ( CV) kepada Imigrasi Hong Kong dengan alamat majikan baru. Dan sertakan pula translator serta tanda tangan yg bersangkutan jija terdapat dokumen yg tidak berbahasa inggris/china.

OVERSTAY DIMAKAU.

Sering nya teman – teman mengira dengan menunggu dimakau atau china mempermudah proses dan mengurangi beban biaya potongan. 

Namun tahukah kalian bahwa itu tidak dibenarkan oleh imigrasi hong kong ,dan itu ilegal.

Wajib menunggu proses dan pulang dinegeri asal,dan sebelum pulang Silahkan mengirim surat ……

” Declaration letter / explanation letter ”
Jika tidak bisa maka memintalah bantuan lembaga yg bisa membantu menuliskan kronologimu…

Seperti….

” I am… On behalf of…..would like to explain and help her to resend her explanation letter as her corespondence and for the purpose of verification her cv to apply her new employment contract “.

As we know that she was in Indonesia and before her leaving,she was given me this explanation letter to declare about her case,to submit for her next employment contract.

Serta dilampirkan tentang form dari imigrasi yg harus menjawab 9 pertanyaan.
Diantaranya :

1. Nama lengkap.
2. Status.
3. Pendidikan terakhir
4. Kapan bekerja ke hong kong.
5. Alasan memutus / diputus kontrak.
6. Nama majikan dan jg kontak person nya.
7. Menunggu visa di mana
8. Kompensasi uang ticket berapa.
9. Alamat jika menunggu visa dimakau / china….

BMI harus menjawab semua pertanyaan tersebut dan dikirim ke imigrasi hong kong sebelum tanggal yg tertera pada surat permohonan berikutnya. Jika tidak ada jawaban maka Aplikasi OTOMATIS TERCANCEL.

ARTINYA….
SILAHKAN PROSES KEMBALI DARI NOL,DAN MASUK PJTKI……
SETELAH 6 BULAN ……

Contrinx thox….
+852 98506454
+852 95182564


Leave a Reply

